Selamat Datang Di Website resmi Dinas Perikanan Kota Palangka Raya
Home / Agenda / KUNJUNGAN TIM PPLH-PI UNIVERSITAS KRISTEN PALANGKA RAYA KE DINAS PERIKANAN

KUNJUNGAN TIM PPLH-PI UNIVERSITAS KRISTEN PALANGKA RAYA KE DINAS PERIKANAN


PALANGKA RAYA – DINAS PERIKANAN KOTA PALANGKA RAYA, Sehubungan dengan Program Kegiatan PPLH-PI Universitas Kristen Palangka Raya Tahun 2022 yaitu Finalisasi Draft Raperda tentang Pengelolaan Sumberdaya Perairan di Wilayah Penyangga Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada hari Senin, 29 September 2022 pihak Universitas Kristen Palangka Raya memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk Dinas Perikanan Kota Palangka Raya untuk turut mendukung upaya pemeliharaan dan pelestarian kawasan yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan tersendiri.

Dinas Perikanan Kota Palangka Raya dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ir. Indriarti Ritadewi, M.AB. Sekretaris Sugiyanto, S.Pt., M.Si. Kabid Pengawasan Sumber Daya Perikanan Endang Prihatin, SP., M.Si. Pengawas Perikanan Sandianto, S.Pi. Kabid Perikanan Budidaya Perikanan Ir. Lensi Asi, M.Si. dan Kabid Perikanan Tangkap Ratna Sagirah, SP.

Dalam diskusi tersebut Ketua Tim PPLH-PI UNKRIP Dr. Lukas, S.Pi., M.Si. menyampaikan permasalahan umum yang terjadi dalam pengelolaan sumber daya perikanan adalah bagaimana mengelola sumber daya yang terbatas untuk kebutuhan yang tidak terbatas. Karena itu dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), semua  aktivitas  di  bidang  perikanan  dilakukan  dengan  mempertimbangan  kesehatan ekologi, mengurangi hal yang berdampak negatif yang dapat merusak keanekaragaman serta fungsi dan keseimbangan ekosistem. Pembangunan berkelanjutan yang mencakup tiga aspek utama yaitu ekologi, ekonomi dan sosial harus dilakukan secara seimbang pula untuk menjaga kestabilan suatu ekosistem dengan keaslian keanekaragaman dan karakteristik ekologisnya diperlukan upaya pelestarian, jelas Lukas.  Kemudian dijelaskan di DAS Sebangau yang didominasi oleh rawa gambut, kondisi sungainya dapat dikatakan sangat homogen. Taman Nasional (TN) Sebangau Kalimantan Tengah adalah Kawasan Pelestarian Alam yang mempunyai ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan melindungi habitat, penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, pariwisata dan rekreasi (UU Kehutanan No. 41, 1999).

Selain itu Lukas menjelaskan PPLHI-PI UNKRIP bersama dengan WWF telah melaksanakan kegiatan penelitian di Wilayah Penyangga TN Sebangau di Sungai Katingan dan Sungai Sebangau yang berkaitan dengan keanekaragaman jenis ikan, jenis alat tangkap, keanekaragaman tumbuhan air dan reparian, kualitas air, biota air (plankton dan bentos), serta riset sosial ekonomi masyarakat. Tim PPLHI-PI UNKRIP telah membuat draf naskah akademik dan Draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengelolaan sumber daya perikanan berkelanjutan di daerah penyangga TN Sebangau dan melakukan pelatihan pembuatan pakan ikan. Kemudian melaksanakan studi lapangan sebagai bahan kajian akademik dengan mempelajari pengelolaan sumber daya perikanan di tempat lain, kegiatan FGD dan pertemuan dengan para pakar. (Tim Diskan)

Sumber : Inikalteng.com

About diskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.